3 aturan inilah yang membuat pejabat di China takut banget korupsi


Sejak Xi Jinping terpilih jadi Presiden China pada tahun 2013 lalu, perekonomian Negeri Tirai Bambu setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal itu tak lepas dari upaya China untuk terus memberantas korupsi di kalangan para pejabat negara.

Seperti yang kita ketahui, Presiden Xi Jinping menerapkan hukuman mati bagi pejabat yang terbukti melakukan korupsi. Pada tahun 2015 saja, tercatat ada puluhan pejabat tinggi negara hingga level menteri yang dieksekusi karena telah melakukan tindakan korupsi. Tak heran jika tingkat korupsi di China terus mengalami penurunan hingga berdampak pada meningkatnya perekonomian negara tersebut.

Dikutip Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut kami berhasil merangkum aturan-aturan ketat bagi pejabat China yang membuat mereka takut melakukan korupsi.


1. Korupsi sama dengan cari mati
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hukuman mati yang diterapkan pemerintah China telah memberi efek jera yang nyata bagi para koruptor. Sejak dilantik pada 14 Maret 2013, Presiden Xi Jinping bersumpah akan memberantas korupsi di negaranya, yaitu dengan menerapkan hukuman mati.

Tak sampai 12 bulan sejak aturan tersebut resmi diberlakukan, tercatat ada puluhan pejabat China yang dieksekusi mati. Hebatnya lagi, proses eksekusi mati beberapa koruptor dilakukan di depan publik. Bahkan Presiden Xi Jinping sendiri sudah menyiapkan peti mati khusus untuknya jika ia terbukti melakukan korupsi.

Meski tidak secara total mampu memberantas korupsi, tapi hukuman mati terbukti efektif mengurangi tingkat korupsi di China setiap tahunnya. Sampai sekarang pun China masih menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Tak heran jika perekonomian negara ini semakin meningkat.


2. Pejabat disuruh lihat koruptor di penjara
Tak semua pejabat yang terbukti korupsi akan dihukum mati. Hanya mereka yang melakukan korupsi dalam skala besar yang akan dihukum mati. Tapi jika tidak terlalu besar, maka hukumannya hanya di penjara. Tapi penjara koruptor di China tak seindah yang kamu bayangkan.

Mereka dipenjara di sel tahanan yang sempit sama seperti tahanan lainnya. Mereka tidak akan bisa hidup seenaknya di dalam penjara. Nah, untuk memberikan peringatan kepada para pejabat lain agar tidak melakukan korupsi, Komisi Pusat Disiplin Anggota Partai Komunis China (CCDI) menyuruh para pejabat untuk menjenguk para koruptor yang di penjara dan melihat bagaimana mengerikannya hidup di dalam sel tahanan.


3. Gampang dipecat
Boro-boro korupsi, jika pejabat China kedapatan suka malas-malasan saat bekerja, seperti pura-pura sakit atau bolos saat ada rapat, pemerintah tidak akan segan-segan untuk memecatnya.

Para pejabat di China harus disiplin dan kompeten dalam melakukan tugasnya sebagai wakil rakyat. Jika mereka tidak benar dalam bekerja, mereka akan dianggap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan akan langsung dipecat mentah-mentah.

Itulah beberapa aturan ketat yang membuat para pejabat di China ogah melakukan korupsi. Tidak akan ada senyuman bagi para koruptor di negara tersebut kecuali kengerian. ( wowmenariknya.com )

0 Response to "3 aturan inilah yang membuat pejabat di China takut banget korupsi"

Posting Komentar